Ma’had Al-Jami’ah Sambut Hari Santri Melalui Kompetisi


Bandar Lampung – setelah di tetapkannya keputusan presiden mengenai Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015, masyarakat Indonesia turut menyemarakkan kegiatan hari santri. Pesantren kampus Ma’had Al-Jami’ah yang masih di bawah naungan UIN Raden Intan Lampung turut berpartisipasi dalam menyambut perayaan hari santri nasional 2018 dengan mengadakan berbagai macam lomba, Shalawat, dan Pawai (Karnaval) yang dikemas dalam “Santri Vagansa”.

Pembukaan acara menyambut hari santri nasional di laksanakan pada Jum’at malam, 19 Oktober 2018 di asrama putri 2. Acara ini di hadiri oleh sekretaris Ma’had al-Jami’ah beserta para asatidz dan dewan pengurus serta seluruh mahasantri Ma’had al-Jami’ah.

Acara yang bertemakan ‘Menyongsong Hari Santri Dengan Loyalitas dan Edukasi, Mengukir Prestasi Melalui Kompetisi’ ini di buka oleh sekretaris Ma’had al-Jami’ah ust. Muhammad Nur, M.Hum. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa santri masa kini harus terus berjihad mempertahankan Indonesia. “Ini adalah ajang jihad kita para santri untuk mempertahankan Indonesia, jika sebelum Indonesia merdeka kita berjihad menggunakan bambu runcing, sekarang kita berjihad menggunakan pena. Jihad kita sekarang bukan melawan belanda, tetapi jihad kita adalah melawan hawa nafsu pada diri kita sendiri,” Imbuh beliau dalam sambutannya.

Usai pembukaan, langsung di lanjutkan dengan sesi perlombaan stand up comedy dan ranking 1. Yang bertempat di musholla asrama masing – masing. Dan di lanjutkan dengan lomba – lomba seperti estafet sarung, satria berhelm, cipta puisi, dan short movie santri selama tiga hari kedepan.

Puncak acara di laksanakan pada hari senin, tanggal 22 Oktober dengan pawai berkeliling daerah sukarame dan pembagian hadiah perlombaan. Ketua acara Hari Santri M. Yusuf Khusna mengatakan bahwa sangat bangga karena masih banyak yang peduli dengan hari santri. “kita Harus bangga menjadi santri. Jadi kita buat hari santri ini sebagai ajang untuk meningkatkan solidaritas untuk memperkuat ukhuwah sesama santri dengan penuh semangat dan antusias,” ujarnya.
Peringatan hari santri tidak sampai disitu saja, esok senin 22/10 seluruh mahasantri akan mengikuti upacara hari santri bersama civitas akademika UIN Raden Intan Lampung di depan gedung rektoratĀ  yg akan dipimpin langsung oleh Rektor prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag dan sekaligus melepas pawai santri Ma’had al-Jami’ah.