Muhadhoroh Sugro Ajang Unjuk Bakat Santri serta Mengenang Jasa Para Pahlawan


Mahad Al-Jami’ah UIN RIL– Dalam rangka memperingati hari pahlawan yaitu pada tanggal 10 November, Ma’had Al-Jamiah menggelar acara pentas seni dan pidato 3 bahasa (muhadharah) di asrama masing-masing.Acara ini dimulai pada pukul 20.00-selesai dam diikuti oleh seluruh Mahasantri dengan Mudabbir/oh sebagai Panitia penyelenggara serta murobbi/ah, musyrif/ah, mualim/ah sebagai penasehat juga steering commitee.

Dokumentasi Muhadharah Sugra

Adapun rangkaian kegiatan dalam acara ini antara lain tilawatil quran, shalawat, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, pidato kolaborasi, dan ditutup dengan do’a.Selain itu, ada juga beberapa penampilan iklan dan tasliyah yang membuat acara ini semakin meriah, seperti musikalisasi puisi, drama, menari, menyanyi, dan lain sebagainya.Penonton terlihat antusias sekali dalam acara ini. Mereka bahkan menyiapkan yel-yel, jargon, dan botol bekas yang mereka benturkan sehingga terdengar ramai dan penuh semangat.

Dokumentasi Muhadharah Sugra

Tujuan diadakannya acara ini yaitu selain untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, tetapi juga sebagai ajang unjuk bakat dan mengembangkan potensi diri.

Melalui acara ini, diharapkan santri memiliki semangat juang tinggi seperti para pahlawan terdahulu untuk membangun peradaban moral yang mulai luntur ditelan zaman. Santri sebagai garda terdepan dalam mensyiarkan syariat Islam serta menjaga keutuhan NKRI.

Diakhir acara terdapat evaluasi yang disampaikan oleh murobbi/ah, musyrif/ah, dan muallim/ah sebagai bentuk pengoreksian supaya acara muhadharah selanjutnya bisa lebih baik lagi. (Endar Rismanda, Anggota ekskul jurnalistik)