Ma’had Bersholawat, Sekaligus Penutupan Kegiatan Semester Ganjil


Ma’had Al-Jami’ah UIN RIL– Menjelang hari libur semester ganjil tahun 2022/2023, Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung menggelar acara Salawat Kubra di Masjid Safinatul Ulum yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Desember 2022.

Dokumentasi Kegiatan

Selain sebagai bentuk kerinduan dan kecintaan umat manusia kepada Nabi Muhammad saw. acara ini dilangsungkan sekaligus sebagai penutup kegiatan mahasantri Ma’had Al-Jamiah.

“Malam ini adalah malam penutupan kegiatan, sehingga saya sampaikan bahwa besok kalian sudah diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing” Suara sorak gembira langsung pecah memenuhi seisi masjid ketika Ustadz Muhammad Nur, M.Hum, selaku Mudir menyampaikan hal tersebut didalam sambutannya.

“Secara resmi, kegiatan berakhir pada tanggal 29 Desember, jadi bagi yang belum menyelesaikan target hafalannya maka nanti akan diadakan halaqoh online. Target tersebut wajib dituntaskan, karena penyeleksian untuk tetap tinggal di Ma’had kedepannya akan semakin berat”.

Vokalis dalam acara salawat kubra ini ialah Ustadz Ahmad Nur Sodiq, S.Pd yang merupakan alumni angkatan tahun 2014. Beliau memimpin salawat dengan suaranya yang merdu dan diiringi oleh tabuhan tim hadroh yang tampil dengan penuh semangat.

Tak ketinggalan para hadirin yang tampak antusias mengikuti acara ini. Acara ini dihadiri oleh Mudir beserta jajarannya, mahasantri, dan juga para alumni. Adapun mahasantri kompak memakai baju putih dan bawahan hitam. Suasana masjid terasa syahdu selama acara ini berlangsung, terlebih lagi ketika ditengah acara lampu-lampu masjid dimatikan. Para hadirin langsung menyalakan flashlight ponsel masing-masing dan melambaikannya ke atas.

Acara ini ditutup dengan dilantunkannya salawat “Mahallul Qiyam”. Disini para hadirin berdiri sambil melantunkan salawat tersebut. Menariknya adalah ada salah satu hadirin yang sampai menangis pada saat salawat ini dilantunkan.(Endar Rismanda, Anggota Ekskul Jurnalistik 2022)