Bangkitkan Semangat Berkompetisi, Ma’had al-Jami’ah UIN RIL kembali adakan PORSENI


Mudir Ma’had, Ust Muhammad Nur, M.Hum membuka kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung di depan gedung asrama putra pada sabtu (6/3).

Acara ini diikuti oleh seluruh jajaran kepengurusan Ma’had dan Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung yang berkesempatan hadir secara virtual melalu zoom maupun live youtube.

Kegiatan Porseni merupakan agenda tahunan Ma’had al-Jamiah sebagai titik kulminasi kegiatan olahraga dan seni yang ada di Ma’had al-Jamiah. Dengan mengambil tema “Bring Back the Fire of Passion in Competition” (Membangkitkan gelora semangat berkompetisi), Porseni kali ini diikuti oleh seluruh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN RIL yang telah dikelompokkan menjadi 27 halaqoh.

Porseni kali ini berbeda dengan Porseni tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara langsung. Porseni ke-10 ini adalah Porseni pertama yang diadakan secara virtual di Ma’had al-Jami’ah UIN RIL.

Acara ini diawali laporan ketua pelaksana kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Mudir Ma’had al-Jamiah. Ust M. Nur, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa Porseni merupakan ajang prestasi yang nantinya akan melahirkan Mahasantri yang berbakat dan berpotensi di bidang olahraga dan seni.

“Tahun ini Ma’had telah menorehkan tinta sejarah; Porseni ke-10 ini diadakan perdana secara virtual. Bisa jadi Ma’had kita adalah yang pertama mengadakan Porseni secara virtual. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ust Asep di video pembukaan yang mengatakan “Mahad tidak pernah tidur selamanya”, maka saya pun menambahkan, Ma’had menolak mati. Mati dalam artian ‘sepi’ dari kegiatan”. Ujarnya.

Ketua pelaksana kegiatan Porseni ke-10, Arif Hadi Prayogo menjelaskan, Porseni akan berlangsung sejak pembukaan 6 Maret dan berakhir pada 12 Maret. Ia berharap meskipun Porseni kali ini dilaksanakan secara virtual, tidak mengurangi antusias Mahasantri untuk berkompetisi, meningkatkan sportifitas dan kreatifitas.

Adapun cabang perlombaan yang akan diikuti masing-masing perwakilan halaqoh, di antaranya adalah Pandemic Sports, Video Kreatif, Desain Grafis, Desain Blog, Karya Tulis Ilmiah, Menulis Cerpen, Menulis Berita, Membaca Puisi, Tradisional Song, Rangking 1, Olympiade Qur’an, Tahfidz Jus 30, dan Stand Up Comedy.

Salah satu koordinator acara, Ahmad Subarkah mengatakan, Perlombaan yang diadakan pada Porseni kali ini adalah dengan mempertimbangkan situasi di masa Pandemi yang menghadirkan beberapa cabang perlombaan yang belum pernah diadakan di tahun sebelumnya.

“kita selaku panitia berupaya melakukan yang terbaik dengan menghadirkan beberapa perlombaaan baru. Semoga mahasantri aktif berpartisipasi” tuturnya.

Acara ini ditutup dengan pembukaan secara simbolis oleh Ust M.Nur, M.Hum, dilanjut dengan penampilan flashmob dari seluruh mu’allimah Ma’had al-jami’ah.

Acara ini berlangsung kurang lebih dua jam. Meski digelar secara virtual, pembukaan Porseni ini berjalan lancar dan sukses. Semoga Porseni virtual ini bisa menginspirasi kita semua. Meski di masa pandem dan dalam kesempatan yang terbatas, ada nilai positif yang bisa kita ambil. (Tri Faizah)